www.Bujang Elitz.Com

"Sekedar Rangkuman Manusia Biasa"

10 Tips Kembali Aktif Secara Seksual Setelah Perceraian

Sebagian orang yang bercerai, dengan tergesa-gesa masuk ke hubungan yang baru, atau menjalani sejumlah affair seksual yang singkat.

Sebagian yang lain, mengalami periode kesulitan emosional, dan menjaga jarak, bahkan setelah mulai mencari seseorang lain.

Apakah mencari atau menghindari keintiman emosional bagi pria/wanita yang bercerai –termasuk yang menikmati kebebasan baru atau yang terpaksa bercerai– kemungkinan menderita gangguan seksual dengan pasangan barunya.

Bagi pria, masalah yang timbul antara lain ejakulasi prematur atau kesulitan dalam mencapai atau mempertahankan ereksi. Wanita mungkin menderita gangguan lubrikasi atau tidak mampu mencapai orgasme. Pria dan wanita mungkin merasa tidak nyaman atau malu tentang aspek percintaan yang dahulu biasa mereka lakukan dengan pasangannya, seperti membuka berpakaian, melakukan atau menerima oral seks, atau menggunakan posisi hubungan seksual tertentu. Keadaan ini biasanya berlangsung singkat.

Kadang-kadang ketakutan menyebabkan masalah seksual. Seorang pria atau wanita mungkin takut untuk terikat dengan orang lain lagi, suatu rasa takut yang dapat dipahami pada sebagian kasus, terutama jika pasangan yang dahulu dipilih secara cepat-cepat atau tidak bijaksana. Mereka mungkin merasa takut akan penolakan seksual atau kegagalan potensi seksual atau takut mengalami kegagalan hubungan lagi. Sebagian dan rasa takut itu menghilang setelah waktu yang cukup lama; dan kesulitan seksual juga menghilang.

Kadang-kadang masalah seperti ejakulasi prematur akan terjadi seumur hidup dan memberat. Penderita merasa sangat ketakutan tentang masalah tersebut, yang akan semakin memperberat masalah yang telah ada, dan terjadi berulang-ulang.

Berikut ini 10 langkah kembali aktif secara seksual setelah perceraian menurut ahli terapi seks Joel D.Block, Ph.D dalam bukunya Secrets of Better Sex

  1. Hindari keintiman emosional dan seksual dalam beberapa saat. Penghindaran tidak selalu merupakan respon yang tidak sehat. Bagi sebagian besar orang, waktu adalah bagian integral dari proses penyembuhan. Bagi sebagian orang, waktu adalah sangat penting.
  2. Carilah keintiman emosional dan seksual dalam dosis yang terbatas. Membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan dengan orang baru dapat membantu membawa hubungan dengan kecepatan yang baik.
  3. Pilih pasangan yang tepat. Sebagian orang memiliki affair dengan orang yang telah menikah sebagai cara untuk membatasi keterlibatan, tetapi akan mempersulit proses penyembuhan. Orang lain memilih seseorang yang akan menolaknya atau membangkitkan harapan terburuk.
  4. Bersikap jujur dengan pasangan baru. Katakan Anda belum siap untuk komitmen. Anda sedang memiliki masalah dengan perceraian, beritahu hal itu. Dan jadilah diri Anda sesungguhnya. Sebagian orang menggunakan “topeng” untuk melindungi diri sendiri dari keintiman dan luka lagi.
  5. Terimalah kenyataan bahwa kesulitan seksual tidak dapat dihindari. Setelah Anda hidup bersama orang yang sama bertahun-tahun, melepas pakaian di depan seseorang asing tampaknya sulit. Jangan memaksa diri Anda.
  6. Perhatikan kebutuhan seksual pasangan baru Anda. Saling menyenangkan membuat kita merasa baik terhadap diri kita sendiri.
  7. Jangan memiliki harapan yang tidak realistik dengan pasangan baru. Bukan tanggung jawab pasangan baru Anda untuk menyembuhkan luka lama Anda.
  8. Hindari kecenderungan untuk mengidealkan pasangan baru. Wanita mungkin lebih rentan terhadap miopia ini dibandingkan pria, tetapi pria maupun wanita cenderung rentan terhadap apa yang dinamakan “fase bulan madu.”
  9. Untuk mencari bantuan menghadapi kesulitan seksual. Sebagian besar masalah seksual dapat dipecahkan. Dan jangan lupa melihat bagian yang menjelaskan peningkatan seksualitas.
  10. Jika kesulitan seksual menetap setelah Anda merasa cocok dengan pasangan baru, periksalah hubungan tersebut. Mungkin ia bukan orang yang tepat bagi Anda, atau mungkin masih membutuhkan waktu untuk keterlibatan yang serius.

Sumber : www2.kompas.com
Artikel yang berhubungan:

  1. Bertahan Setelah Perceraian
  2. Tips Menghindari Perceraian
  3. Menyiasati Stres Akibat Perceraian
  4. How To Win The Perceraian
  5. Sendiri lagi, Setelah Bercerai
  6. 10 Penyebab Wanita Malas Bercinta
  7. Orgasme Dan Manfaatnya Buat Kesehatan
  8. Tips Mencari Jodoh Secara Islami
  9. Delapan Cara Bangkitkan Gairah Seksual Perempuan Terhadap Seks
  10. Saatnya Honey Moon Kedua

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: